Zaman
semakin berkembang dilihat semakin banyaknya orang-orang cerdas yang
berdampingan membangun bidangnya masing-masing seperti teknologi informasi
maupun ekonomi di setiap Negara salah satunya yaitu Indonesia. Di Indonesia
sendiri perkembangan sangat melesat pada bidang ekonomi khususnya Bisnis Ritel.
Apa sih bisnis ritel? Apa saja yang termasuk pada ritel? Dan mengapa ritel bisa
sangat berkembang di Indonesia? Kita akan mencari jawabannya satu persatu
disini.
Apa sih bisnis ritel
itu?
Bisnis
Ritel adalah kegiatan dalam menjual barang atau jasa untuk konsumsi langsung
atau tidak langsung. Dalam matarantai perdagangan bisnis ritel merupakan bagian
terakhir dari proses distribusi suatu barang atau jasa dan bersentuhan langsung
dengan konsumen. Peritel tidak membuat barang dan tidak menjual ke pengecer
lain.
Bisnis
ritel diprediksi terus meningkat tiap tahunnya dan dipandang sebagai bisnis yang
menguntungkan untuk segala jenis usaha ritel seperti Supermarket dan
Convenience Store, Department Store dan E Commerce.
Ritel
di indonesia di mulai dari tahun 1960-an. Pada saat itu muncul department Store
yang pertama yaitu Sarinah. Dalam kurun waktu kurang lebih 15 tahun kemudian,
ritel di Indonesia berkembang dalam level yang sangat rendah . Hal ini bisa
dikaitkan dengan kebijakan ekonomi Soeharto di awal masa pemerintahan orde
baru, yang lebih banyak membangun investasi di bidang eksploitasi hasil alam , dibandingkan
sektor usaha ritel barang dan jasa di masyarakat.
Pada
awal tahun 1990 ialah titik awal perkembangan
ritel di indonesia. Dengan mulai beroperasinya perusahaan ritel dari Jepang yaitu “SOGO”. Selanjutnya dengan
dikeluarkannya Keputusan Presiden No. 99/1998, yang menghapuskan larangan
investor dari luar untuk masuk ke dalam bisnis ritel di indonesia,
perkembangannya menjadi semakin pesat.
Meningkatnya industri
ritel di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal yaitu;
ü Struktur
demografi Indonesia yang didominasi penduduk usia muda yang akan meningkatkan
jumlah tenaga kerja produktif dengan disposable income dan kebutuhan yang juga
makin tinggi
ü Perubahan
gaya hidup dan pola konsumsi masyarakat Indonesia
ü Jumlah
kelas berpendapatan menengah yang terus bertambah
Bisnis
ritel masih diprediksi akan terus berkembang hingga tahun 2017 kedepan. Hal ini
disebabkan karena beberapa faktor pendukung seperti surga demografi yang
dimiliki Indonesia, meningkatnya masyarakat kelas menengah dan perubahan gaya
hidup, serta konsep wirausaha yang saat ini sedang berkembang pesat di
masyarakat Indonesia yang salah satunya berinvestasi pada pengembangan
ritel-ritel lokal.
Ritel
yang sangat berkembang saat ini yaitu E-Commerce, Manfaat E-Commerce yang
dirasakan oleh konsumen yaitu konsumen tidak perlu datang jauh-jauh ke toko
untuk mendapatkan sebuah barang. Dapat mengemat waktu dan biaya transportasi. Dapat
membandingkan barang yang sama dengan harga di situs yang lain. Bisa membeli
barang yang yang di dlam negerinya tidak ada. Harga lebih murah karena
banyaknya situ E-commerce yang menyediakan promo.
Image by Google
Tidak ada komentar:
Posting Komentar